POLLING
Asrama banyak diminati karena :

Madding Online

Lomba Masak Ala Supadi

22.06.2015

Pengirim : Sisi (Asrama Supadi)

LOMBA MASAK


ALA ASRAMA SUPADI


    Asrama Supadi memang tidak bisa dilepaskan dari image kebersamaannya yang kuat. Selain ada kegiatan bulanan berupa misa kamar dan kegiatan tahunan berupa piknik, ada juga kegiatan baru yang tidak kalah seru, yaitu lomba masak! Lomba ini belum pernah diadakan sebelumnya dan sangat cocok untuk mengisi waktu luang setelah UKK (Ujian Kenaikan Kelas) berakhir.


    Lomba masak berlangsung pada hari Minggu, 7 Juni 2015 di dapur sekolah. Para pesertanya adalah kelas X dan XI yang dibagi menjadi tujuh kelompok. Tiap kelompok diberi budget sebesar Rp.50.000,- untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Tidak ada ketentuan makanan seperti apa yang harus dimasak. Yang pasti makanan itu akan menjadi makan siang bagi tiap kelompok.


    Ada satu kelompok yang membeli bahan-bahan pada hari Sabtu malam. Sementara kelompok-kelompok yang lain nekat bangun jam 5 pagi pada hari Minggu untuk belanja ke Pasar Kranggan. Yang disediakan oleh asrama hanya bumbu-bumbu utama, seperti garam, bawang, lada, dan lain-lain. Akan tetapi, bumbu-bumbu itu tidak bisa diminta begitu saja, melainkan harus tetap dibeli dengan budget yang telah diberikan.


    Lalu tibalah hari H-nya. Tiap kelompok segera berpakaian rapi dan mengumpulkan bahan-bahan yang akan dibawa. Suasana di asrama begitu ramai, terutama di dapur karena beberapa kelompok mengantri untuk membeli bumbu. Sedangkan kelompok yang sudah siap langsung berangkat ke sekolah. Setelah semuanya berkumpul, lomba masak pun dimulai dengan berdoa terlebih dahulu yang dipimpin oleh Suster Agnetta.


    Jam 09.30 lomba masak dimulai. Masing-masing kelompok memasak dengan serius tapi tetap diiringi canda tawa. Layaknya kegiatan-kegiatan asrama yang lain, dalam lomba masak ini ada-ada saja ‘kekacauan’ yang terjadi. Mulai dari jumlah pisau yang kurang, kekurangan bahan, ikan yang gosong, dan masih banyak lagi. Untung saja waktu yang diberikan adalah 2.5 jam sehingga seluruh ‘kekacauan’ tersebut bisa diatasi. Selain itu, di tengah-tengah lomba, Suster Imelda sebagai kepala sekolah juga datang dan menyemangati tiap kelompok.


    Lomba masak pun berakhir pada pukul 12.00. Meja-meja dan peralatan dapur dibersihkan. Seluruh masakan yang pastinya enak-enak dihidangkan di hadapan Suster Agnetta, Suster Fernanda, Bu Warti, dan Bu Win sebagai juri. Selama proses penilaian, para peserta diminta untuk menunggu di aula sekolah dan boleh menyantap masakan masing-masing sebagai makan siang. Sekitar 20 menit kemudian, para juri plus Suster Imelda datang ke aula. Pengumuman pemenang dibacakan oleh Suster Imelda walaupun beliau tidak ikut menilai.


    Juara pertama diraih oleh Kelompok 2 dengan masakan Pepes Ikan, hadiah yang diberikan berupa Cornetto Strawberry ala Taylor Swift untuk masing-masing anggota. Juara kedua diraih oleh Kelompok 5 dengan masakan Amazing Grace (alias Ayam Fillet Asam Manis). Hadiahnya adalah satu kotak Cornetto Mini rasa green tea. Juara ketiga diraih oleh Kelompok 1 dengan masakan Kebab. Hadiah yang diberikan adalah satu botol Fanta rasa strawberry berukuran besar.


    Setelah pembagian hadiah dan foto-foto, para peserta diperbolehkan pulang ke asrama dengan syarat aula sekolah ditinggalkan dalam keadaan bersih dan rapi. Walaupun hanya lomba masak, hari itu terasa melelahkan dan tentunya meninggalkan banyak kesan. Rasa kebersamaan di Asrama Supadi pun semakin erat.


 Sisi-Asrama Supadi


              

YAYASAN SYANTIKARA
Jl. Kolombo CT VI / 001 YOGYAKARTA – 55221
Telp./ Fax (0274) 515805