POLLING
Asrama banyak diminati karena :

Madding Online

Berkembang Bersama Menjadi Satu

17.06.2015

Pengirim : Claudia Rosari Dewi (Asrama Syantikara)

BERKEMBANG BERSAMA MENJADI SATU


      Asrama Mahasiswi Syantikara kembali lagi merayakan ulang tahunnya di tahun 2015 ini, dan kali ini Asrama Mahasiswi ini genap berusia 63 tahun. Asrama ini bertahan untuk tetap berdiri dan mengembangkan para putri-putri bangsa yang tinggal di dalamnya untuk menjadi pribadi yang cerdas, tangguh, dan militan. Dies Natalis Syantikara ke-63 yang mengambil tema, “Mengembangkan Hidup dalam Keberagaman” ini menyelenggarakan rangkaian kegiatan, yakni Jalan Sehat dan Ziarah, Seminar Kecantikan, dan Misa Puncak Dies Natalis Asrama serta Pentas Seni.


 Jalan Sehat dan Ziarah                                    


      Dies Natalis Asrama Syantikara ke-63 ini, dikomandani oleh Ketua Panitia: Oktariani Aurelia Jamil. Ada yang berbeda di Dies Natalis tahun ini, karena Suster Kepala Asrama memberikan suatu ajakan untuk jalan sehat bersama dengan tempat tujuannya yaitu makam para Suster—suster Carolus Borromeus di Novisiat Carolus Borromeus di Jalan Gejayan. Ajakan ini hendak membuat teman-teman Asrama Mahasiswi Syantikara mengetahui siapa saja para Suster CB pendahulu yang mendirikan dan berkarya di Asrama Mahasiswi Syantikara.


      Sabtu, 25 April 2015, pukul 06.00 pagi, teman-teman Syantikara berjalan sehat bersama menuju Jalan Gejayan. Meskipun tidak semuanya ikut serta, karena masih memiliki beban di perkuliahan (tugas, presentasi, kerja kelompok, dan lainnya), namun antusiasme teman-teman Syantikara tidaklah surut. Dengan didampingi oleh Sr. Mariati CB selaku Kepala dan Pendamping Asrama dan Sr. Marianne CB yang juga Suster pendamping di asrama. Acara pada kegiatan hari ini diawali dengan jalan sehat bersama menuju tempat tujuan, berkumpul dan berdoa bersama di makam para Suster, kemudian dilanjutkan dengan sarapan bersama.


 Seminar Kecantikan


      Ada pula yang unik dari perayaan Dies Natalis tahun ini, panitia menyelenggarakan Seminar Kecantikan untuk anak-anak Asrama Mahasiswi Syantikara juga anak-anak Asrama lain yang dibina oleh para Suster-suster Carolus Borromeus, yakni Asrama Stella Duce Samirono, Asrama Stella Duce Supadi, dan Asrama Stella Duce Trenggono. Pembicara dalam seminar ini ialah dari Lembaga Kecantikan Farah Diana. Acara ini diselenggarakan dengan maksud agar para putri-putri ini kelak dapat tampil sebagai wanita yang cantik baik cantik dari luar maupun dalamnya, karena di asrama semua anak dididik tidak hanya hal akademik saja melainkan juga hal non akademik yang bersifat mengembangkan soft skills dan kepribadian. Kelak semua putri di asrama ini akan menjadi wanita yang tumbuh dewasa dan calon ibu bagi anak-anaknya, sehingga merawat diri untuk tampil cantiik juga dirasa perlu.


      Acara ini mendapat antusiasme yang cukup baik dari teman-teman Syantikara, meskipun tidak semuanya turut serta tetapi jumlah yang hadir banyak dan ditambah dengan keikutsertaan teman-teman asrama lain yang diundang bersama para Suster pendampingnya. Acara yang diselenggarakan pada hari Minggu, 10 Mei 2015 ini diadakan di Aula Syantikara, yang dimulai pukul 09.00 – 13.00 WIB.


 Misa Puncak dan Pentas Seni


      Untuk menutup rangkaian Perayaan Dies Natalis Asrama Mahasiswi Syantikara ke – 63, teman-teman Panitia Dies menyelenggarakan Misa Puncak Syukur Dies Natalis dan Pentas Seni. Misa Puncak Syukur Dies Natalis ini dipimpin oleh Rm. Heliyarko SJ yang berkiprah sebagai dosen di Fakultas Mekatronika di Universitas Sanata Dharma. Dalam homilinya, Rm. Heliyarko SJ menyampaikan untuk mengedepankan semangat berefleksi terlebih jika saat ini asrama Syantikara sudah berusia genap 63 tahun. Adanya semangat berefleksi berguna untuk semakin mengenali diri dan mengetahui kemana akan melangkah. Rm. Heliarko pun berharap bahwa segenap perempuan muda di Syantikara ini dapat melakukan hal tersebut karena kelak mereka adalah calon pemimpin bangsa Indonesia.


      Setelah Misa berlangsung, pentas seni diselenggarakan dengan berbagai macam performer diantaranya Jaran Iman, Melodius Band, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Sanata Dharma ‘Cantus Firmus’, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Syantikara Performance, dan bintang tamu utamanya ialah EveryDay Band.


      “Secara keseluruhan rangkaian Dies Natalis sukses dan mendapatkan simpati dari tamu-tamu undangan. Panitia juga terlihat kompak berkat dukungan dari para Suster. Kedepannya diharapkan Dies Natalis akan lebih baik lagi,” ujar Ketua Panitia yang saat ini masih mengenyam studi sebagai mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma angkatan 2012.


 


Claudia Rosari Dewi-Asrama Syantikara

YAYASAN SYANTIKARA
Jl. Kolombo CT VI / 001 YOGYAKARTA – 55221
Telp./ Fax (0274) 515805