POLLING
Asrama banyak diminati karena :

Home

News

Online News

Kelompok Akademikers Asrama Syantikara

Kak Wiwid Berbagi...

Oleh: Ega (Asrama Syantikara)

            Hari yang mendung tidak membuat para siswi Syantikara kehilangan semangat. Sebanyak 11 orang siswi Asrama Syantikara hari itu mengikuti pelatihan jurnalistik yang merupakan bagian dari salah satu kegiatan di Asrama ini.

            Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu, 30 Oktober 2011 yang lalu. Pelatihan jurnalistik ini dimulai pada pukul 09.00 WIB, bertempat di Aula Youth Center Asrama Syantikara. Kegiatan ini dibuka dengan ucapan salam dari Kak Wiwid, pembicara sekaligus mentor dalam pelatihan ini. “Kita disini santai aja ya.. Ngomongnya gak usah pake bahasa formal gak apa kan ?” ujar Kak Wiwid sewaktu membuka kegiatan ini, yang dijawab dengan “Iyaa” dan “Okee” dari para peserta dengan semangat. Kak Wiwid memang bukan orang asing bagi para siswi Syantikara, karena ia juga termasuk warga asrama Syantikara angkatan 2008. Namun acara kali ini khusus dipegang oleh Kak Wiwid.

            Pelatihan berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Walaupun tidak berlangsung dengan formal, namun para peserta tetap mengikuti kegiatan dengan serius. Pada kesempatan ini Kak Wiwid membahas mengenai tiga jenis tulisan dalam jurnalistik, yaitu berita, opini dan feature. Kak Wiwid menjelaskan, perbedaan ketiga jenis tulisan tadi terletak pada isi dan cara penulisannya. Berita berisi tentang informasi-informasi yang akan diberikan oleh pembaca. Berita berisi tentang fakta, di dalamnya berisi unsur-unsur 5 W 1 H, dan ditulis dengan bahasa yang padat dan jelas. Feature berupa karangan khas yang menuturkan fakta, peristiwa atau proses. Feature juga berisi tentang fakta namun tidak harus mengikuti rumus 5 W 1 H dan ditulis dengan bahasa yang menarik. Opini berisi tentang pendapat penulis. Disini opini bersifat lebih bebas dan tidak terikat, dan isinya pun lebih bersifat subjektif karena berisi pendapat penulis. Kak Wiwid menjelaskan ketiga jenis tulisan tadi dengan santai sehingga ke sebelas peserta pun dapat mengikuti dengan baik.

            Setelah banyak penjelasan dan berdiskusi dengan peserta, sebagai penutup dari kegiatan ini Kak Wiwid meminta peserta untuk menulis salah satu jenis tulisan yang disukai, boleh berita, opini atau feature. Para peserta pun menulis dengan antusias sesuai dengan tema yang juga mereka pilih sendiri, kemudian hasilnya dikumpulkan ke Kak Wiwid. Selanjutnya, diharapkan ke depannya, para peserta dapat melanjutkan kegiatan jurnalistik ini dengan menulis lebih banyak lagi, khususnya untuk mendukung kegiatan Akademik Asrama Syantikara.

            Pelatihan jurnalistik ini memang merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh kelompok Akademik Asrama Syantikara. Kelompok Akademik merupakan salah satu dari sekian kelompok minat dan bakat yang ada di asrama ini. Kelompok ini merupakan kelompok yang minatnya terletak di seputar informasi dan pengetahuan bagi warga asrama. Tujuan kelompok ini diwujudkan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah pembuatan buletin asrama yang dilakukan rutin tiap tahunnya, juga pelatihan jurnalistik ini. Menurut Regina, koordinator kelompok Akademik ini, pelatihan jurnalistik ini biasa diadakan di awal kegiatan kelompok Akademik. Pelatihan jurnalistik ini nantinya akan menjadi bekal awal bagi para Akademikers – sebutan bagi para anggota kelompok Akademik, untuk menjalankan kegiatan-kegiatan berikutnya, yang sebagian besar berhubungan dengan kegiatan tulis-menulis. Karena itu kegiatan ini bersifat wajib bagi para Akademikers. Namun, pelatihan jurnalistik kali ini tidak hanya diikuti oleh Akademikers saja, namun juga diikuti oleh warga asrama yang lain. Audi contohnya, ia mengaku mengikuti kegiatan ini karena penasaran dan tertarik belajar lebih dalam mengenai jurnalistik.

            Kak Wiwid sendiri khusus diminta oleh pengurus Akademik untuk memberikan materi pada pelatihan jurnalistik kali ini. Kak Wiwid, yang mempunyai nama lengkap Agustina Fini Widya ini sudah sering memberikan pelatihan yang serupa untuk anak-anak SMA. Namun, untuk pelatihan kali ini, justru Kak Wiwid mengaku merasa grogi, karena yang diberi pelatihan kurang-lebih masih sebaya dengan Kak Wiwid. Tapi biarpun begitu Kak Wiwid tetap memberi yang terbaik di pelatihan akademik ini, dan Kak Wiwid berharap banyak untuk kemajuan Akademik Syantikara setelah diadakannya pelatihan ini. Amiiin... Doakan kami ya kak.. J

           



Online News
Wawasan
01/10/2016 00:00
Wawasan
24/09/2016 00:00
Info
05/08/2016 00:00
Info
06/08/2016 00:00
Info
29/05/2016 00:00
Info
07/05/2016 00:00
Info
09/04/2016 00:00
archive
YAYASAN SYANTIKARA
Jl. Kolombo CT VI / 001 YOGYAKARTA – 55221
Telp./ Fax (0274) 515805